<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d12783071\x26blogName\x3dAnne+Ahira,+Elite+Team+Indonesia+dan+...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://ffsi-indonesia.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://ffsi-indonesia.blogspot.com/\x26vt\x3d-5448299029873099293', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Sunday, May 15, 2005

Bisnis Piramida?

Kata mereka:
Setelah melakukan penyelidikan, kami berkesimpulan bahwa bisnis ini hanyalah sebuah PRAKTIK SKEMA PIRAMIDA yang dibungkus dengan istilah Internet Marketing. Hal ini jelas terlihat dari apa yang harus dilakukan oleh setiap anggota ELITE TEAM, yaitu merekrut empat anggota baru. Skema piramida sejatinya merupakan penghisapan oleh segelintir individu terhadap banyak orang.

Kata kami:
Sebuah sistim piramida (pyramid scheme) atau lebih terkenal didunia sebagai Ponzi System, karena memang dilakukanpertama kali oleh Ponzi sendiri, adalah sebuah sistim dimana Ponzi membayar (janji) utang kepada si A, dengan cara menerima pembayaran dari si B,C,D dan seterusnya. Hutang dibayar hutang. Yang pada akhirnya menyebabkan piramida membengkak di bawah sedangkan yang diuntungkan diposisi puncak hanya segelintir orang saja.

Ibaratnya, masuk kantong kiri keluar kantong kanan. Repotnya, apabila kantong kiri tidak diisi terus menerus maka kantong kanan mau dibayar pakai apa?? Dan di pyramid scheme itu TIDAK ADA PRODUK YANG DIJUAL SAMA SEKALI. Sedangkan FFSI mempunyai produk2 yg dijual berupa JASA yang sifatnya intangible.

FFSI adalah sebuah bisnis online yg sudah eksis selama 8 tahun di internet dan terdaftar di US Chamber of Commerceserta BBB Online. Ke-2 Lembaga ini sangat ketat sekaliuntuk menyetujui sebuah bisnis bisa masuk sebagaianggotanya. Yang jelas jika bisnis tsb adalah money game atau pyramid scheme maka akan jelas2 sudah ditolak utk bergabungdi sana krn law di US sangat ketat ttg 2 hal ini. Jika anda masuk ke web FFSI, Di sana anda bisa lihat ada logo kuning bertuliskan BBB Online Reality Program. Silahkan diklik utk melihat mengapa FFSI boleh memasang logo tsb krn tidak sembarang bisnis online boleh memasang logo ini disebabkan banyak persyaratan yg hrs dipenuhi utk bisa memasang logo ini spt yg ada di http://www.bbbonline.org/reliability/requirement.asp

Mengapa mengacu ke US Chamber of Commerce dan BBB Online? Krn kantor fisiknya FFSI berada di Tampa, Florida, US sehingga tentunya FFSI harus tunduk kepada peraturan2 yangada di US sana terutama hukum di negara bagian Florida. Dankita tahu bahwa Amerika mempunyai peraturan2 yg jauh sangat ketat terhadap namanya semua bisnis apalagi bisnis online dimana internet juga dimulai dari negara ini. Saat post ini dibuat, BBB Online sudah mewadahi lebih dari 21.000 situs online berbasis di US yang memasarkan barang dan jasa ke konsumennya via internet dan bukan hanyaperusahaan network marketing online saja. Anda bisa lihat di http://www.bbbonline.org/business Amway yg merupakan M.L.M tertua di dunia saja perlu memasang logo BBB Online ini krn Amway di US sudah berubah namanya menjadi Quixtar Inc yg skrg sudah merupakan bisnis online juga di US yang bisa diakses di http://www.quixtar.com dan bisa dilihat ada logo BBB Online ini juga.

FFSI sudah punya member apakah itu Representative ataupun Customer di lebih dari 120 negara. Dan HANYA DI INDONESIA SAJALAH ada sekelompok orang yang tidak mengerti apa itu pyramid scheme lantas mengatakan bahwa FFSI adalah pyramid scheme. Di US saja yang mana kita tahu semua hukum sudahberjalan dengan baik dan benar, tidak mengatakan FFSI ituskema piramid. Aneh tapi nyata...

2 Comments:

At 9:06 PM, Anonymous romi said...

ATURAN SISTEM PIRAMIDA

Biaya Pendaftaran keanggotaan berikut paket produk, sangat mahal. Harga jual produk-produknya juga sangat tinggi, ada yang bisa mencapai lebih dari 10 kali lipat harga produk sejenis dipasaran. Sistem dilakukan menyerupai Multi Level Marketing, tetapi tidak sama. Misalnya masing-masing anggota dibatasi hanya boleh merekrut maksimum 2 orang. Dua orang tersebut, rekrut dua orang lain lagi dan seterusnya hingga terbentuk satu piramida juga cara-cara lain yang mirip cara ini, misalnya merekrut max. 3,4,5 anggota. Satu orang anggota boleh “membeli” lebih dari 1 keanggotaan (disebut kavling). Imbalan diberikan berdasarkan tersusunnya satu jaringan berbentuk piramida dengan jumlah orang dalam format tertentu; imbalan bukan berdasarkan presentasi atas volume penjualan dan tidak ada unsur harus memasarkan produk sampai kepada konsumen. Masa keanggotaan kadangkala berlangsung sangat singkat (hanya sampai dengan terbentuknya suatu format tertentu). Berbeda dengan perusahaan penjualan langsung, dimana anggota dapat aktif minimal 1 tahun atau bahkan seumur hidup. Program pemasaran (Marketing Plan) skema piramida sangat rumit dan susah dipelajari. Titik berat pada rekruting, bukan pada penjualan.

JADI KESIMPULAN SISTEM PIRAMIDA ADALAH:

1. Menjerat dan menyesatkan masyarakat dan anggotanya, karena :

- Dapat dikategorikan sebagai judi sebab perolehan penghasilan berada diluar kontrol anggota yang berada di level bawah, pendapatan utama diperoleh bukan dari penjualan barang dan jasa, tetapi terutama dari rekruting orang lain untuk mencapai format tertentu.

- Tidak membuka peluang berpenghasilan yang merata dan adil sebagaimana layaknya yang ditawarkan perusahaan yang menjalankan sistem Penjualan Langsung termasuk MLM.

- Merugikan anggota yang sudah membayar biaya pendaftaran berikut paket produk yang sangat mahal, kemudian menghadapi kesulitan menjual produk-produk tersebut kepada masyarakat karena tujuan perusahaan adalah menggunakan produk sekedar sebagai kedok untuk menarik dana dari masyarakat dan tidak diberi pelatihan cara penjualan.

- Merugikan masyarakat yang membeli produk-produk dari sistem piramida, karena harganya jauh melampaui harga produk sejenis di pasaran.

2. Bertentangan dengan dasar-dasar sistem penjualan langsung serta kode etik yang berlaku.

- Merupakan metamorfosa dari sistem Surat Berantai yang telah dilarang dibanyak negara.

- Aturan mainnya sangat mirip dengan Surat Berantai yaitu:

i. Menarik biaya pendaftaran cukup besar (Pendapatan perusahaan diperoleh terutama dari biaya pendaftaran anggota bukan dari penjualan produk/jasa)

ii. Produk yang disediakan perusahaan hanya untuk tujuan kamuflase, karena titik berat bisnis lebih pada format jaringan dan anggota tidak selalu diwajibkan untuk mengambil produk yang dibeli apalagi dilatih untuk menjual kembali.

Pertanyaan saya adalah, apakah sistem yang diterapkan di Elite Team dan bisnis Anne Ahira ini terbebas dari ciri2 diatas?

 
At 10:48 PM, Anonymous Anonymous said...

Hal yang perlu kita pahami bersama....

Kutipan dari “Business School For People Who Like Helping People” by Robert T. Kiyosaki

Hukum Metcalf (hal. 98)

Robert Metcalf adalah salah seorang yang dikenal sebagai pencipta ethernet. Dia mendirikan 3Com Corp, yang memproduksi Palm Pilot yang populer. Dia juga terkenal karena merumuskan Hukum Metcalf, yaitu :

Nilai Ekonomis sebuah Jaringan = Jumlah Pengguna^2



Dinyatakan dalam istilah yang lebih sederhana :
Jika hanya ada satu telepon, benar2 tidak punya nilai ekonomis. Ketika ada 2 telepon, menurut Hukum Metcalf, nilai ekonomis dari jaringan telepon itu sekarang pangkat dua. Naik dari 0 menjadi 4. Tambahkan telepon ketiga. Nilai ekonomis sebuah jaringan naik menurut deret ukur, bukan deret hitung.

Orang Kuat dan Ulet Versus Pembangun Jaringan (hal 99)

… Salah satu model bisnis ini dikenal sbg waralaba. Waralaba adl bentuk

jaringan bisnis, jaringan yg terdiri dr banyak pengusaha yg bekerja bersama.

Ketika waralaba pertama kali muncul, banyak bisnis model lama mengkritiknya, bbrp

bahkan menyebutnya ilegal.

Sekarang kita semua tahu, pemilik McDonald’s punya kekuatan jauh lebih besar drpd

org kuat dan ulet yang membuka gerai hamburgernya sendiri. Kalau sebuah restoran

McD terletak dekat gerai hamburger independen milik orang kuat dan ulet,

kemungkinannya, orang kuat dan ulet segera tutup.

Bisnis Jaringan Jenis Kedua (hal 100)

Bisnis jaringan jenis kedua kini dikenal sebagai pemasaran jaringan (MLM).
Bukan jaringan bisnis terwaralaba, melainkan jaringan PRIBADI terwaralaba. Bisnis

jaringan jenis kedua ini mendapat banyak kritik pada awalnya dan terus dikritik.

Namun industri ini tetap tumbuh memasuki banyak wilayah yg sebelumnya dikuasai

bisnis tradisional.
Alasan industri ini tetap tumbuh adl krn kekuatan yg terdapat dalam Hukum

Metcalf.

Masa Depan Membangun Jaringan (hal 101)

…. Selalu ada orang2 kuat dan ulet dalam bisnis, tetapi saya memprediksi masa

depan akan jauh lebih cerah dan lbh menguntungkan bagi bisnis dan perseorangan yg

memilih bekerja sebagai sebuah jaringan.

Sebuah Peringatan (hal 38)

…. saya mendapati bahwa tidak semua perusahaan pemasaran jaringan sama. Seperti

halnya dengan apapun juga dalam hidup, sebagian bagus dan sebagian tidak.

Lengkapnya silakan baca sendiri buku2 Robert Kiyosaki.

 

Post a Comment

<< Home